Kamis, 22 Oktober 2009

KULTUR JARINGAN TUMBUHAHN DILUAR LABORATORIUM

Skip to content

Home
Profile
Latar Belakang Visi dan Misi Fasilitas
Laboraturim Alat dan Bahan Pelatihan
Manfaat Metoda Pelatihan Peserta Jadwal Pelatihan Produk dan Jasa
Produk Layanan Jasa Daftar dan Belanja
Pendaftaran Pemesanan Artikel
Contact
Blog


You are here: Home Artikel Kultur Jaringan Tumbuhan diluar Laboratorium
Kultur Jaringan Tumbuhan diluar Laboratorium
Written by Ir. Edhi Sandra MSi.
Friday, 20 June 2008


Oleh : Ir. Edhi Sandra MSi.


Pendahuluan


Banyak orang membayangkan laboratorium kultur jaringan adalah ruangan tertutup yang “mengerikan” terisolasi dari kondisi luar laboratorium dan harus serba steril. Penuh dengan botol-botol yang berisi tanaman dan alat-alat yang sebelumnya tidak pernah dilihat, dengan bau ruangan yang khas (bau desinfektan) Dan banyak orang juga beranggapan bahwa kultur jaringan adalah teknologi budidaya tumbuhan modern yang sangat sulit dan hanya dapat dilakukan oleh orang tertentu saja. Perlu biaya investasi yang sangat besar serta hasilnya lama dan belum tentu berhasil.



Mungkin demikian pula persepsi anda?.... tidak perlu malu, karena memang fakta yang ada mengarah pada persepsi tersebut. Tapi… taukah anda, …….bahwa kultur jaringan itu dapat dilakukan oleh anak lulusan SMP atau SMA atau bahkan tidak perlu sekolah….? Taukah anda, ….bahwa laboratorium kultur jaringan dapat dilakukan dirumah kita?..... seadanya. Taukah anda, ….. bahwa botol kultur dapat dibawa-bawa keluar laboratorium kultur jaringan….?

Tidakkah anda ingin menghadirkan teknologi kultur jaringan modern di rumah anda…? Tidakkah anda ingin menguasai suatu teknologi yang mampu berbuat banyak dalam menghasilkan bibit berkualitas, mnghasilkan varitas baru, memperbanyak bibit yang harganya mahal…? Tidakkah anda ingin meneliti berbagai macam hal mengenai tumbuhan…? Kesemuanya …. Sebenarnya …. Dapat anda miliki.!!!...... (“apakah benar perkataan orang ini? Apakah mungkin saya yang tidak tau tanaman, …… yang tidak mempunyai dasar mengenai budidaya,…… yang berbeda profesinya dapat mengembangkan kultur jaringan?”….)

Memang dalam hal ini dibutuhkan keuletan dan ketekunan…..tapi yakinlah bahwa anda pasti bisa…!!!. Anda masih tidak percaya….. anda mau bukti……Beberapa peserta pelatihan saya saat ini sudah berhasil menjalankan kultur jaringan dengan baik sesuai dengan tujuannya masing-masing. Ada yang melaksanakan kultur jaringan sebatas hobi, …ada yang senang meneliti pertumbuhan kultur jaringan dengan memberikan berbagai macam perlakuan…. Dan ada juga yang sudah eksis dengan usaha kultur jaringan, .. ada yang usaha kulktur jaringan jati, …ada yang usaha kultur jaringan anggrek, …ada yang usaha kultur jaringan tanaman hias dan sebagainya.



Esha Flora


Esha flora adalah suatu lembaga yang mengemban misi dan visi mengembangkan, mentransfer dan menerapkan teknologi kultur jaringan di masyarakat. Awal mula memang dirasakan bahwa melaksanakan kultur jaringan serba sulit,… mau beli bahan dan alat …..kemana? …harga mahal..? ada ngga yang buatan dalam negeri yang murah..? ada ngga alternative alat dan bahan yang murah..?...bisa ngga kita beli eceran atau sedikit saja..?...bisa ngga kita beli jadi saja..? bisa ngga kita beli kultur jadinya..? bisa ngga kita beli ramuan jadi untuk media kulturnya..? Kesemua pertanyaan tadi adalah pertanyaan yang banyak ditemui kalau kita mau merintis kultur jaringan. Dulu…. Hal tersebut tidak terjawab…tapi, …sekarang semua kesulitan tersebut sudah dibantu oleh Esha Flora … apa yang menjadi kesulitan anda di dalam melakukan kultur jaringan …Esha Flora akan membantu anda..

Kalau anda belum memiliki alatalat dan bahan media secara lengkap, … anda tetap dapat melakukan kultur jaringan dengan hanya melakukan kegiatan subkultur dan aklimatisasi saja….anda hanya membeli enkas dan alat-alat tanam saja….sementara kultur jadi yang sudah steril dan media jadi yang sudah disterilisasi… dapat anda beli di Esha Flora…

Kalau anda masih dalam skala yang kecil dan masih coba-coba maka anda dapat membeli bahan secara eceran atau sedikit dan dapat membeli media ramuan secara eceran juga, sehingga anda tidak perlu keluar modal besar…

Kalau anda kesulitan di dalam inisiasi (menanam kultur dari luar ke dalam botol, karena biasanya tingkat kontaminasinya tinggi), ..maka anda dapat menginisiasi di Esha Flora…atau anda dapat membeli kultur yang ada untuk dapat diperbanyak sendiri….

Kalau anda belum mempunyai alat dan ingin melakukan kultur jaringan, ..maka anda dapat mengkulturkan di Esha Flora dengan biaya sewa alat yang cukup murah. Bahkan kalau anda mau menitipkan kultur di Esha Flora…juga bisa dengan membayar biaya menginap kultur perbulannya…

Kalau anda ada proyek dan kebutuhan bibit dalam jumlah tertentu, …maka anda dapat membayar jasa mengkulturkan di Esha Flora….


Prinsipnya Esha Flora siap membantu anda semua di dalam mengembangkan kultur jaringan baik skala rumah tangga maupun skala industri. www.eshaflora.com





< Prev Next >

[ Back ]

Product
Catalog
Laboraturium
Alat

Thank's To My Visitors
53671

© 2009 EshaFlora. by pamulang.net
Free of Communication and Childreens for Living

Tidak ada komentar:

Posting Komentar